Mengenal Macam-macam Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Penyakit ini merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja tidak pandang usia. Hepatitis dapat terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang tua.

Mengenal Macam-macam Penyakit Hepatitits
Dikutip dari Indiatimes, hepatitis ini cukup menimbulkan keresahan dan pernah membuat banyak orang meregang nyawa karenanya. Salah satunya saja Hepatitis C, yang bahkan 100 kali lebih mematikan daripada HIV. Oleh karena itu hepatitis menjadi penyakit yang mengancam jiwa kedua setelah kanker. Setidaknya 1 diantara 12 orang berpotensi terserang hepatitis B dan Hepatitis C.

Penyebab Hepatitis beragam, berbeda-beda di setiap kasusnya. Biasanya penyakit ini terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.

Adapun gejalanya meliputi rasa mual berlebihan, sakit pada otot, demam, sakit kepala berlarut-larut, mata dan kulit menguning.

Hepatitis ini ternyata tidak hanya ada satu jenis. Hingga saat ini di dunia digolongkan ada 5 jenis penyakit Hepatitis yang penyebabnya berbeda pula.

Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus Hepatitis A. Biasanya menginfeksi lewat makanan atau air. Mereka yang terserang hepatitis A akan merasa sakit dan mengalami semua gejala hepatitis. Belum ada obat yang spesifik untuk menyembuhkannya selain obat pereda nyeri.

Namun, kini sudah ditemukan vaksin yang dapat mencegah penyakit ini.

Hepatitis B

Disebabkan oleh virus hepatitis B. Penularannya lewat transfusi darah atau transmisi cairan tubuh lain seperti semen atau cairan yang keluar dari miss V. Virus ini juga menular saat melakukan hubungan seks tanpa pengaman, penggunaan jarum suntik bersamaan, lewat pisau cukur, sikat gigi atau pertukaran materi tubuh lainnya.

Sudah ada vaksin yang dapat mencegah penyakit ini, dan umumnya diberikan pada mereka yang aktif menggunakan narkoba jenis suntik.

Hepatitis C

Disebabkan oleh virus hepatitis C. Infeksi dapat terjadi karena pertukaran air liur, semen, cairan miss V, dan transfusi darah.

Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan dan vaksin pencegahnya juga belum ditemukan.

Hepatitis D

Disebabkan oleh virus hepatitis D, dan biasanya muncul pada mereka yang menderita hepatitis B. Ditengarai bahwa ternyata virus hepatitis B ini dapat bermutasi dan berkembang menjadi virus hepatitis D.

Hepatitis E

Disebabkan oleh virus hepatitis E dan biasanya menginfeksi tidak terlalu lama dan cenderung lemah. Menyebar lewat kontaminasi makanan serta air.

Jadi untuk mencegah serangan penyakit tersebut sangatlah penting melakukan vaksinasi hepatitis A dan B . Selain itu, hindarilah berganti-ganti pasangan dan waspada saat harus transfusi darah. Pilih makanan yang higienis, dan jauhkan diri dari ancaman penyakit ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s